Sabtu, 11 Mei 2013

Pengobatan Herbal Dengan Sarang Semut

sarangsemut1Pengobatan Herbal dengan menggunakan sarang semut merupakan pengobatan herbal yang secara empiris telah diakui mampu menyembuhkan beberapa penyakit kronis seperti penyakit tumor dan kanker. Obat herbal Sarang semut merupakan pelengkap pengobatan konvensional dari medis karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi efek samping dan komplikasi penyakit maupun pengobatan serta dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Jenisnya terutama Myrmecodia pendes dan Hydnophytum formicarum telah lama digunakan masyarakat sebagai obat kanker. Obat herbal ini banyak dipakai oleh masyarakat Asia Tenggara terutama di negara Malaysia, Thailand, Philipina, Vietnam dan Indonesia. Sarang semut jenis Myrmecodia pendens baru dipergunakan secara terbatas oleh masyarakat Papua.
Cara mengkonsumsi sarang semut adalah dengan meminum air rebusan sarangsemut yang mana air rebusan terseut banyak mengandung vitamin E, flavonoid, dan tanin. Senyawa-senyawa tersebut diproduksi secara internal sebagai sistem pertahanan diri. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi sarang semut dalam bentuk ekstrak lebih menguntungkan dari pada konsumsi senyawa murni.
Dalam bahasa latin sarang disebut Myrmecodia merupakan salah satu tumbuhan epyfit yang umbinya dihuni oleh oleh semut sehingga diberi nama sarang semut. Sarang semut myrmecodia menurut penelitian ilmuan dunia, sarang semut memiliki 26 spesies.
Menurut Martin Heil dari Departemen of Bio Organic Chevistry – max plant – Institute Jerman sejak tahun 1960 sudah menjadi wacana penelitian. Khasiat sarang semut telah teruji dan terbukti sebagai tumbuhan penyembuh penyakit kanker dan tumor di dunia. Sarang semut ditemukan di daerah pedalaman Wamena (Papua) pada awal tahun 2005. Kesimpulan dari sekian peneliti setelah dibedah dengan alat rontgen (sinar X) ternyata mengandung flavonoida, glikosida, polifenol, antioksidan, vitamin, mineral dan asam frominat.

Ada beberapa khasiat yang bisa diambil dari sarang semut yaitu :

  1. Dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kanker dan tumor seperti kanker otak, kanker hidung, kanker hati, kaker payudara, kanker paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker darah.
  2. Penyakit gangguan jantung, stroke berat dan ringan, rematik, asam urat, sesak nafas (asma), batuk termasuk TBC, menghilangkan aneka benjolan dalam waktu yang relatif singkat seperti gondok dan kanker payudara.
  3. Gangguan ginjal
  4. Usus buntu, usus turun (hernia)
  5. Tekanan darah tinggi (hipertensi), wasir (ambeien)
  6. Diabetes
  7. Sangat cocok bagi perempuan yang baru melahirkan
  8. Menstruasi tidak tepat waktu
  9. Meningkatkan gairah pria dan wanita



0 komentar :

Posting Komentar